ITP Akan Terapkan Kurikulum MBKM pada 2021

Institut Teknologi Padang (ITP) akan menerapkan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada tahun 2021 sesuai dengan program Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Hal tersebut diungkapkan Rektor ITP Dr. Ir. Hendri Nofrianto, MT saat diseminasi dan diskusi dengan SMKN 1 Padang dan SMKN 5 Padang. Hendri menjelaskan, pada program kurikulum MBKM, mahasiswa diberikan delapan pilihan belajar yakni pertukaran pelajar, magang atau praktik kerja, Asistensi mengajar di satuan pendidikan, Penelitian atau riset, Proyek kemanusiaan, Kegiatan wirausaha, Studi/proyek independen, Membangun desa atau kuliah kerja nyata tematik (KKNT). 


“Dengan adanya delapan pilihan program MBKM tersebut, kami juga mengajak pihak sekolah untuk bersinergi bersama perguruan tinggi dalam menerapkan program MBKM tersebut, terutama untuk program asistensi mengajar di satuan pendidikan,” kata Rektor, Kamis (10/12/2020). Kepala SMKN 1 Padang, Drs. Dasrizal, MM menyambut program MBKM akan diterapkan ITP sehingga alumni SMKN 1 Padang yang melanjutkan pendidikan di ITP dapat mengembangkan potensi diri dan meningkatkan kompetensi yang dimiliki. 

 Hal senada juga diungkapkan oleh SMKN 5 Padang, Deta Mahendra, S.Pd, MM yang siap bekerja sama dengan ITP dalam menerapkan program Kurikulum MBKM tersebut.  Diseminasi dan diskusi tersebut dihadiri oleh Rektor ITP, Ka. Prodi Teknik Sipil Program Diploma Tiga, Ka. PLT ITP, Humas  dan Kerja Sama ITP, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Akademik, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan, Wakil Kepala Sekolah Bagian Humas, serta para guru dan wali kelas dari SMKN 1 Padang dan SMKN 5 Padang.