ITP Akan Kirim 5 Alat Pengolahan Air Bersih ke Pancung Soal Pekan Depan

Institut Teknologi Padang (ITP) akan mengirimkan 5 alat pengolahan air bersih ke Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat pekan depan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Rektor I ITP Firmansyah David, P.hD. Firman mengatakan, alat pengolahan air bersih merupakan hasil penelitian salah satu Dosen Teknik Mesin ITP.

Firman menyebutkan, 5 alat pengolahan air bersih tersebut merupakan implementasi dari kerja sama kita dengan nagari-nagari di Kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan.

“Jadi kita ada program ITP Mitra Nagari, yang mana kita melakukan kerja sama dengan nagari-nagari untuk menerapkan Teknologi Tepat Guna (TTG) di nagari tersebut,” ujar Firman, Senin (11/1/2021).

Dosen Teknik Mesin Hafni, M.T adalah orang dibalik hasil penelitian alat pengolahan air bersih tersebut. Hafni mengatakan, 5 alat pengolahan air bersih yang akan dikirim ke nagari-nagari di Pancung Soal dibuat oleh mahasiswa Teknik Mesin yang ia bimbing.

“Ada 3 mahasiswa yang terlibat dalam pembuatan alat ini, tentunya mahasiswa tersebut tetap kami bimbing dan kami lakukan pengecekan standarnya,” kata Hafni.

Disamping itu, pengiriman air bersih tersebut merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh ITP kepada nagari-nagari yang telah menjadi mitra ITP.